Beranda > Berita > Peringatan 100 Tahun Kebangkitan Nasional

Peringatan 100 Tahun Kebangkitan Nasional

Seratus tahun yang lalu kita belum merdeka dan kemerdekaan hanyalah mimpi. Mimpi rakyat yang terkesan sangat jauh dari kenyataan. Rakyat bodoh diredam hanya dengan memenuhi kebutuhan pangan saja.

Hanya orang orang yang berpendidikan yang tahu bahwa kita bisa menentukan nasib kita sendiri dengan mewujudkan mimpi menjadi kenyataan.

Tapi bagaimana mewujudkan mimpi menjadi kenyataan dengan langkah langkah yang konkrit dan strategis butuh lebih dari sekedar pendidikan tapi juga keberanian, kerelaan dan kearifan. Tentu awalnya adalah pendidikan.

Dr Soetomo dkk dengan gerakan Boedi Oetomo telah membuktikannya seratus tahun yang lalu dan kini kita menikmatinya. Kebanyakan dari kita menikmati tanpa menghayati bagaimana kebangkitan itu berproses.

Tahun 2000 Dr Onno W Purbo telah menulis sebuah artikel yang berjudul “Kebangkitan Nasional ke Dua Berbasis Teknologi Informasi“. Tulisan yang sangat menarik menurut saya melihat bagaimana beliau memperjuangkan sebuah cita cita menjadikan bandwidth murah dengan faktor kesulitan yang mirip seperti jaman Dr Soetomo dulu karena minim bantuan pemerintah.

Bill Gates mengatakan revolusi informasi belum terjadi, bilamana revolusi itu terjadi adalah ketika bandwidth sudah menjadi sangat murah. Bandwidth adalah kata kunci untuk sementara ini. Kata kunci yang lain adalah konten.

Budi Putra, seorang mantan wartawan Tempo yang kini menjadi fulltime Blogger meyakini bahwa masa depan Internet ada pada Blog dan masa depan Blog ada pada konten.

Jika bandwidth murah dan kaya akan konten lokal maka boleh dikatakan kebangkitan nasional kedua akan terjadi. Rumah produksi perangkat lunak lokalpun akan terpacu untuk menciptakan inovasi inovasi baru yang khas Indonesia.

Lebih luas lagi saya bisa katakan bahwa masa depan Indonesia ada pada industri TIK, sedangkan masa depan industri TIK Indonesia ada pada pengembang perangkat lunaknya. Entah itu aplikasi ataupun konten.

Fenomena Barack Obama yang berhasil maju sebagai capres dari partai Demokrat di AS membuktikan TIK telah mengambil peran penting dalam kehidupan bernegara sebuah bangsa.

Obama menerima sumbangan melalui situs Internet untuk jumlah berapapun, mulai dari 1000 dollar, 100 dollar, 10 dollar hingga 1 dollar pun dia terima. Sementara lawan politiknya harus mencari penyumbang fiktif untuk bisa membukukan jumlah sumbangan yang besar tapi tetap legal tidak melewati limit jumlah sumbangan perorangan.

Obama dengan jumlah penyumbang yang jauh lebih besar dan sekaligus jumlah sumbangan yang fantastis telah meyakinkan publik Amerika bahwa kini era money politic K-Street di Amerika harus dan bisa segera diakhiri.

Dengan TIK itu semua bisa diwujudkan. Bagaimana dengan Indonesia? Apa saja langkah konkrit dan strategi yang dipakai untuk mewujudkan itu semua seperti Dr Soetomo dkk yang telah rela, berani dan cerdas merancang kebangkitan nasional Indonesia tahun 1908?

Menyambut peringatan 100 tahun kebangkitan nasional diadakan sebuah seminar sehari tentang TIK diprakarsai oleh MenPAN, berikut gambaran singkat tentang acara tersebut:

Flyer

  • Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 27 juni 2008 s/d 28 juni 2008.
  • Pembukaan kegiatan dimulai 08.00 WIB.
  • Berlokasi di Parkir Timur Gelora Bung Karno senayan dengan pemasangan tenda rouder berpendingin serta tenda sarnavil didalam area seluas 6000m2.
  • Selain kegiatan didalam juga ada kegiatan di luar berupa pelayanan, demo, hiburan musik, serta doorprize menarik.
  • Acara Seminar Teknologi Informasi (Gratis Untuk Umum).
  • Dihadiri Oleh Presiden Republik Indonesia.

Mengenai seminar TIK yang akan dilangsungkan tanggal 28 Juni tersebut ada 4 sesi yang masing masing adalah:

Seminar ICT Session 1

  • Waktu: 10.05 – 10.40
  • Durasi: 35 menit
  • Pembicara: DR. H. Onno W. Purbo
  • Tema: Kebangkitan Nasional Ke-2 berbasis Teknologi Informasi

Seminar ICT Session 2

Seminar ICT Session 3

Seminar ICT Session 4

  • Waktu: 13.00 – 13.45
  • Durasi: 45 menit
  • Pembicara : KomBes Petrus Golose, PhD (Cand)
  • Tema: Sosialisasi UU-ITE dan CyberCrime

Semoga seminar diatas bisa memberi gambaran apa saja langkah konkrit yang telah dan akan diambil untuk mengarah ke kebangkitan nasional kedua Indonesia.

Buat teman teman datanglah sebab acaranya tidak hanya seminar gratis tapi banyak acara lain yang menarik mulai dari game anak anak hingga live band performance.

Buat Abah dan Riyo semoga sukses mengemban tugas kali ini, I’ll be there for you guys.

  1. Belum ada komentar.
  1. 1 Juli 2008 pukul 19:17

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: