Beranda > Pemula > Pengenalan CSS

Pengenalan CSS

Sebelum memahami CSS ada baiknya anda baca abstraksi HTML 4.01. CSS digunakan untuk memisahkan style dan content pada halaman web. Apa itu Style? Style adalah informasi tentang bagaimana sebuah elemen HTML (content) ditampilkan.

Misalnya untuk sebuah judul halaman. Tampilan sebuah judul tentu fontnya lebih besar dari isi. Cara lama adalah dengan langsung membesarkan font pada kalimat judul. Cara CSS adalah cukup memberi tag h1 pada kalimat judul.

Kemudian atribut h1 akan diatur terpisah di dalam kode CSS. Begitu juga dengan elemen elemen yang lain. Segala informasi tampilan seperti size, color, border, padding, margin yang dulu dibubuhi langung pada elemen sekarang dengan CSS dipisah dan dikumpulan dalam satu kelompok kode yang disebut Style Sheet.

Style bisa ditempatkan pada file terpisah sehingga bisa diedit tersendiri tanpa mengganggu file script atau file content. Ini akan sngat membantu programer dan designer dalam mengembangkan web

Kode kode Style bisa berlapis lapis dan saling bertumbukan (cascade) satu sama lain. Style yang terpisah di simpan dalam CSS file. Penempatan Style menentukan urutan prioritas berlakunya Style tersebut. Ada 4 urutan penempatan Style.

  1. Inline style (di dalam elemen HTML)
  2. Internal style sheet (di dalam tag <head>)
  3. External style sheet
  4. Browser default

Jadi urutan tertinggi adalah Inline style dimana kode Style disini akan lebih berlaku dibanding Style didalam tag head atau dalam file CSS atau default browser.

Contohnya bila elemen h1 oleh browser ditentukan dengan format ukuran 16pt kemudian pada CSS file ditentukan dengan format ukuran 25pt maka yang berlaku adalah yang 25pt. Kemudian bila anda menambah kode Style di dalam tag head dangan format ukuran 10pt maka yang berlaku adalah ukuran 10pt. Demikian seterusnya.

Artikel ini tidak menyediakan detail syntax dan tutorial penulisan Style. Penulisan CSS adalah bidang web yang lebih banyak kepada aspek design dari sebuah web yang akan dibahas kapan kapan dimasa yang akan datang.

Jika anda punya link link yang berguna untuk belajar penulisan CSS silahkan beri masukan, saya juga masih terus belajar CSS. CSS ini sangat powerfull dan bisa melakukan apa saja yang kita belum bayangkan sebelumnya. Berikut adalah contoh apa saja yang bisa dilakukan oleh CSS:

Kategori:Pemula
  1. 4 April 2008 pukul 16:15

    salam kenal

  1. 12 September 2007 pukul 6:19

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: