Beranda > Bisnis, Review > Pola Smart Pricing AdSense

Pola Smart Pricing AdSense

Googel AdSenseMembaca tulisan Fatih Syuhud berjudul “Jangan Klik Sendiri AdSense Anda” saya jadi ingin menulis unek-unek tentang AdSense. Ada hal yang masih unaccountable di AdSense itu, yaitu soal smartpricing. Saya tidak menemukan penjelasan teknis yang gamblang tentang smartpricing dari Google. Saya malah dapet penjelasan sekilas dari forum diskusi.

Dari Google saya hanya mendapat penjelasan konsep tentang smartpricing. Katanya smartpricing itu mengatur bobot harga dari suatu klik. Semakin unik suatu klik maka semakin berbobot klik itu. Faktor penentu keunikan inilah yang saya belum dapat teknisnya, yang jelas salah satunya adalah dari informasi header pengklik.

Selain dari itu yang masih fuzzy adalah faktor behavior. Gara gara smartpricing nilai 7 klik bisa lebih rendah daripada nilai satu klik. Orang yang belum tahu tentang smartpricing bisa frustasi dan memang banyak yang frustasi.

Prinsip dasar smartpricing adalah untuk menyaring klik yang benar benar berkualitas. Klik yang berkualitas adalah klik yang memberi nilai tambah untuk publisher berupa kunjungan ke situs publisher atas dasar ketertarikan akan produk yang ditawarkan situs publisher. Itu sih kita sudah ngerti cuma bagaimana caranya membuat serangkain algoritma pendeteksi behavior itu?

Selain mencatat IP yang akan digunakan sebagai bahan analisa juga dilihat dari blok iklan. Misalnya pada sebuah situs anda melihat sebuah blok iklan disebelah kiri (sidebar). Pada blok tersebut biasanya ada 3 iklan. Katakanlah anda mengklik satu iklan pada blok tersebut. Kemudian anda mengklik lagi iklan kedua pada blok yang sama. Maka nilai klik yang kedua akan lebih kecil dari pada nilai klik pertama. Tidak berhenti sampai disitu. Nilai klik pertama tadipun akan turun pula. Jika anda klik lagi iklan ketiga maka sekarang nilai semua klik akan turun drastis.

Masih ada lagi beberapa parameter yang bisa dipakai untuk mengevaluasi nilai sebuah klik. Ini yang lebih rumit, saya masih berusaha mencari formulanya untuk dituangkan kedalam script PHP. Jika anda punya pengetahuan tentang ini tolong beri masukan supaya kita bisa sama sama bikin algoritmanya.

Kategori:Bisnis, Review
  1. 10 September 2007 pukul 18:26

    Weh, saya malah belum kepikiran tuh, soalnya belum pernah pakai adsense😦

  2. 5 Oktober 2008 pukul 8:04

    Yang diatas ntu,
    “…atas dasar ketertarikan akan produk yang ditawarkan publisher…”

    Publisher apa advertiser????

  3. Meirina
    9 Januari 2009 pukul 13:38

    saya sdh punya adsense tuh,,,gmn ya caranya biar ratingnya tinggi,,,and hasilnya banyak?
    kan ada tu yang 1 hari bisa menghasilkan USD $100,,,padahal saya udah coba masuk ke komunitas and link juga,,,tp kok hasilnya ga seberapa,,malah kadang cuma dapet
    USD $ 1 doank,,,:(
    plis sharing informasi dunk,,,

  4. sgg
    7 Juni 2009 pukul 9:37

    Sebenarnya Adsensi itu gimana?kok masih simpang siurya?tolong dong mas, bikin artikel untuk mencerahin tentang adsensi.. Trims.. Maju Terus INDONESIA

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: