Beranda > Curhat > Wikipedia Tidak Akurat

Wikipedia Tidak Akurat

Saya sangat suka Wikipedia.org. Kalo saya butuh info sesuatu sebelum saya ke Google saya ke wiki dulu. Informasi yang disubmit ke wiki dilakukan oleh siapa saja boleh. Keadaan ini membuat informasi yang terkandung di wiki bisa saja kurang, lebih, atau bahkan tidak benar.

Beberapa saat yang lalu saya nonton TV ada berita seorang geek yang berhasil mengumpulkan data dari berbagai history wiki tentang ketidak-akuratan wiki. Saya lupa contoh contohnya karena tidak terlalu menarik.

Tapi barusan saya sendiri mengalaminya. Ini tentang kata Merdeka.

Setahu saya asal kata Merdeka itu adalah Mahardika (sankrt) yang dipopulerkan oleh Bung Karno yang kemudian dipakai oleh bangsa lain (Singapura dan Malaysia) sebagai kata bertuah penyemangat gerakan meraih kemerdekaan dari penjajah Inggris.

Tapi apa yang ditulis di wiki sangat tidak akurat. Disana ditulis porsi pertama Malaysia kemudian untuk Singapura panjang lebar. Terakhir untuk Indonesia dengan ulasan yang sangat singkat dan negatif. Diantaranya adalah penggunaan kata Merdeka oleh Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan Organisasi Papua Merdeka (OPM) untuk memerdekakan diri dari penjajah Indonesia.

Tidak diceritakan bagaimana Bung Karno menggunakan kata Merdeka untuk menjiwai perjuangan merebut kemerdekaan sehingga kata ini menjadi sangat bertuah. Sungguh keterangan yang tidak fair dan diselewengkan. Saya tidak punya account di Wiki, so jadi please jika ada yang punya account dan mampu berbahasa Inggris bagus tolong dong dibenerin informasi di wiki itu.

Kategori:Curhat
  1. 6 September 2007 pukul 9:40

    wow.. bener bener kebangetan tuh😦 coba minta tolong sama mas priyadi di priyadi.net mas🙂 semoga dia mau membantu

  2. 10 September 2007 pukul 17:55

    Padahal dilihat dari hari kemerdekaannya saja sudah jelas ya, siapa yang duluan pakai kata “merdeka”

  3. 4 Desember 2007 pukul 14:10

    Memang banyak yang pergi
    Tidak sedikit yang lari
    Sebagian memilih diam bersembuyi
    Tapi… Perubahan adalah kepastian
    dan untuk itulah kami bertahan
    Sebab kami tak lagi punya pilihan
    Selain terus melawan sampai keadilan ditegakan!

    Kawan… kami masih ada
    Masih bergerak
    Terus melawan!
    http://www.pena-98.com
    http://www.adiannapitupulu.blogspot.com

  4. 17 Agustus 2008 pukul 19:43

    ngga sengaja saya ketemu link ini, sama seperti anda mas wibi, saya juga merasakan tidak fair… tapi sampai hari ini 17 Agustus 2008 (sudah satu tahun berselang) sepertinya belum berubah

  1. 17 Agustus 2008 pukul 19:44
  2. 19 Agustus 2008 pukul 17:39

Tinggalkan Balasan

