Beranda > Tanggapan > Popularitas Portal Social Networking

Popularitas Portal Social Networking

Tulisan ini adalah tanggapan atas tulisan Pak Budi Rahadjo tentang Teknologi Khas Indonesia di AsiaBlogging.

Tentang portal pertemanan (Social Netwoking Portal):

Saya rasa popularitas sebuah portal pertemanan seperti Friendster atau MySpace berhubungan erat dengan historisitasnya. Komunitas apa yang pertama kali menggunakannya maka dari situlah terbangun popularitas.

Friendster di Indonesia sangat digemari karena para siswa dan mahasiswa yang pertama menggunakannya. Kemudian mahasiswa setelah tamat akan terus membawa kebiasaan Friendsternya ke kantor maka sekarang komunitas kantoranpun banyak yang pakai Friendster sampai sampai kebanyakan sysad diperkantoran Sudirman dan Kuningan diminta untuk memblok situs Friendster ini karena karyawannya sibuk ber Friendster pada jam kerja.

Kemudian MySpace di Amrik bisa ngetop pertama kali karena digunakan oleh kalangan penikmat musik, kita tahu masyarakat musik di Amrik sudah lebih digital daripada di Indonesia. Masih ingat waktu Janet Jackson pertama kali merilis singlenya di MySpace kemudian masyarakat musik Amrik makin menggilai MySpace.

Lantas masih tersisa pertanyaan kenapa pertama kali para siswa di Indonesia menggemari Friendster dan para musisi di US menggemari MySpace. Yah mungkin saja karena fiturnya. Di MySpace ada fitur untuk musisi upload musik mereka dan masyarakat musik Amrik sudah lebih melek IT daripada masyarakat musik Indonesia.

Terus apa yang bikin Friendster digemari para siswa kita? Saya rasa selain fitur yang bisa untuk cari teman juga peran media. Kasus pembunuhan mahasiswi yang punya account di Friendster beberapa tahun yang lalu membuat Friendster semakin populer.

Lalu kenapa para siswa dan mahasiswa di US tidak seperti di Indonesia menggemari Friendster, setahu saya pada saat para siswa di Indonesia menggemari Friendster para siswa di US lebih sibuk ber Google ria.

Jadi untuk pertanyaan kenapa sebuah situs populer di tempat tempat tertentu mungkin harus ada semacam kasus yang menyertainya sehingga menjadi pemicu bertambahnya popularitas.

Tapi pandangan saya ini masih dangkal sekali dan masih perlu riset untuk mencari jawab yang lebih mengupas.

Kategori:Tanggapan
  1. 28 Juni 2007 pukul 12:13

    Benar pak.. sepertinya sih konsepnya mirip dengan konsep marketing lainnya… dan menurut saya,

    memang friendster punya keunggulan bahwa orang Indonesia memang lebih banyak DULUAN disitu,

    selain itu akses ke myspace lebih lambat kalo dari tempat saya.. atau mungkin ada masalah disayanya ya? Tapi saya coba dari beberapa tempat & kota berbeda juga sama sih.

    Untuk fitur musik, sepertinya friendster tidak mengkhususkan untuk melakukan register as a musician dan memberikan fitur yang membuat nyaman para musisi… Ya mungkin aja juga karena myspace melakukan marketing ke masyarakat musisi lebih dulu dibanding social networking lainnya.

    Orkut… menurut saya.. layoutnya cukup berantakan sekali, kemudian ada lagi tagged, hi5, liveconnector, bertemu.us dll waaah kalo kebanyakan bisa-bisa kerjaan jadi beralih untuk selalu maintenance kesana hehehehe… tapi tetep aja kadang terpancing untuk daftar hehehe

    Akhir2 ini saya melihat 100 best webapp, disana dinyatakan facebook sebagai social networking yang masuk nominasi cukup bagus.. alhasil.. kepancing juga deh saya daftar disana hihihihi

    Yang pasti tergantung motifnya sih hehehe

  2. 16 Agustus 2007 pukul 15:59

    Saya udah daftar tuh di facebook tapi lupa tuh login .. hehe

    sekarang orangdah mulia jenuh dengan online socai networking

    jadi kalau orang sudah meresa nyaman dengan sebuah portal misalnya FS maka dia males signup lagi ke portal lain karena harus ulang dari awal cari teman baru dengan komen komen baru.

  3. 7 September 2007 pukul 17:58

    Eh udah cobain social networking yg di WAP? Cobain akses Mobitrek Indonesia di http://m.mobitrek.com/ dari PC juga bisa, asikkk deh…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: