Beranda > Review > Testimonial vs Comment

Testimonial vs Comment

Kita tahu kalau FS punya fitur Testimonial yang dulu maksimum karakter yang bisa dimasukkan hingga 2000 karakter (kini dibatasi lagi jadi hanya 1000 karakter). Sedangkan MySpace punya fitur serupa tapi tak sama, yaitu fitur Comment yang maksimum karakternya tak dibatasi.

MySpace lahir belakangan jadi bisa mempelajari bagaimana user memperlakukan fitur Testimonial pada FS. Sejatinya Testimonial adalah untuk memberi komentar yang sifatnya kesaksian (testimonial) tapi kenyataan user mengunakannya lebih dari hanya sekedar testimonial.

Banyak diantara mereka yang menggunakan untuk berkabar-kabari, bahkan hanya untuk ucapan terimakasih dan say hai. MySpace menyadari semua ini dan ketika membangun fiturnya tidak lagi menggunakan istilah testimonial tapi menggunakan istilah Comment yang lebih luas fungsi kegunaannya.

FS pun menyadari kesalahannya dan kemudian menambahkan fitur Comment yang diletakkan tepat dibawah fitur Testimonial, tapi hasilnya tidak sebagus yang diharapkan karena user agak sulit membedakan dan memilih fitur mana yang tepat untuk keperluan mereka.

Ada yang tetap saja menulis comment di Testimonial dan malah pernah saya lihat ada yang menulis testimonial di Comment. Jika dalam satu portal ada dua fitur serupa lantas apa perbedaan antara Testimonial dan Comment. Pada FS bedanya sedikit sekali, hanya pada otomatisasi approval yang pada Testimonial harus di approve terlebih dahulu sedangkan pada Comment bisa langsung tayang tanpa approval.

Pada MySpace juga sebenarnya tidak terlalu efektif membiarkan Comment tanpa Testimonial. MySpace membolehkan comment tak terbatas yang akan membuat tampilan gak karuan yang dalam hal ini sudah menjadi trademark MySpace (layout kacau balau alias tidak rapi). Pembaca profile disuguhkan infomasi yang tidak terklasifikasi dengan jelas, padahal mungkin pembaca hanya ingin baca testimonial dan bukan membaca comment comment gak penting.

Ini lebih kepada kesalahan strategy konsep daripada scripting, yang terbaik menurut saya adalah memiliki kedua duanya dengan pembedaan yang jelas dari sisi fungsi dan fasilitas fitur. Kalau bisa dipermanis dengan tambahan tools untuk reply pada fitur Comment sebab sering saya perhatikan user saling berbalas kabar tapi tidak bisa ditampilkan hasil repliednya.

Cara membedakan supaya jelas mungkin bisa dengan mengatur tata letak, untuk Comment sudah tepat seperti yang sekarang di FS atau MySpace tapi untuk Testimonial mungkin bisa di pindah ke bagian samping seperti layaknya box testimonial pada situs hosting atau public service lain pada umumnya dan cukup kecil saja (mungkin 255 karakter udah cukup toh testi gak usah cerita macem macem) kemudian tidak usah pake HTML karena testimonial tidak harus fancy yang penting isinya.

Kategori:Review
  1. 14 Desember 2008 pukul 0:22

    Thanks!,

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: