Beranda > Review > Fupei.com

Fupei.com

Kali ini saya tulis review tentang Fupei.com
Ketika pertama mengunjungi terlihat beberapa box yang berisi Random User, Event, Photo, Music dan Video. Dibagian kanan atas ada box untuk login.

Terlihat layoutnya tertata rapi, designnya bagus dengan dominan warna biru, kecuali untuk flash intro dan ad box.

Sebelum mendaftar saya ingin tahu dulu aspek yang lain tentang fupei.com ini.

Saya coba cari tahu tekno yang dia pake secara sekilas, rupanya fupei telah menggunakan modul rewrite sehingga seluruh linknya ke file dengan ext HTML dan bukan .php, .jsp, .cfm ataupun .asp.

Trus saya ingin tahu siapa pemilik ataupun developernya, di halaman contact saya dapatkan info sbb:

PT. RIS MULIA MEDPRO
Komplek DPR No. 65a Kemanggisan, Jakarta Barat 11480 Indonesia
+62 21 683FUPEI (38734)

Alamat lokal tapi apakah sourcecodenya juga dibuat oleh orang kita atau orang luar yang dibeli oleh PT Ris diatas?
Belakangan saya tahu kalau Fupei terafiliasi dengan masterwebnet.com  sebuah perusahaan hosting yang mengelola master.web.id. Perusahaan ini digawangi oleh sebagian besar lulusan Binus.

Saya tidak sabar untuk segera bergabung, saya masuk halaman registrasi yang ternyata tidak ada satupun kata dalam bhs Indonesia,
semua dlm bahasa inggris yang membuat saya menduga bahwa portal ini dibuat oleh orang luar.

Yang menarik fupei tidak menggunakan email sebagai login tapi harus bikin username sebagai login yang nanti akan di gunakan sebagai ID dan dipasang juga di URL profile masing masing user.

Saya pilih loginname saya wibisastro, jadi URL nya menjadi http://www.fupei.com/profile/wibisastro

Pertama saya pilih wibi tapi rupanya sudah di ambil orang dan saya coba lagi dengan wibisastro baru berhasil, rupanya tidak ada validasi login name sebelum submit, harus submit dulu baru bisa tahu apakah login kita masih tersedia atau sudah diambil orang lain.

Setelah berhasil saya diminta untuk mengisi profile, lalu saya isi seadanya walaupun dibagian bawah ada link untuk skip. Setelah itu saya diminta untuk upload foto dan upload satu foto saya dengan lancar.

Saya jadi lupa, bahwa fupei ternyata tidak minta konfirmasi email, dia cuma kirim notification bahwa ada orang yang ndaftarin pake email saya, ada login name dan passwordnya disitu. Saya pikir agak riskan juga tapi yah kenyataannya mereka berani terapin metode begitu.

Begitu selesai semua, saya lihat tampilan cukup familiar karena mirip FS layoutnya. Berikut feature yang dimiliki Fupei di menu bagian atas:

HOME, Briefcase, Profile, Members, Events, Photo Albums, Musics, Videos, Games, Forum, Chat dan LOGOUT

yup.. betul ada fasilitas chating yang belum ada di FS maupun MySpace, saya coba masuk tapi ternyata ada plugin yang belum saya install jadi belum bisa coba.

Portal ini lumayan serius dia udah punya 30000 lebih user dan yang online pada saat itu ada 70 user lebih, saya baca di forumnya ternyata dulu gak segitu yang online, rata rata cuma sampai 40 user saja tapi semenjak ada fitur baru,user yang online jadi melonjak.

Saya tidak tahu fitur mana yang dibilang fitur baru, apakah chating atau fitur Shoutbox, ditiap user ada fitur Shoutbox yang mirip chating dan memang sering kali disalahgunakan untuk chating oleh para user walapun agak repot mesti bolak balik mondar mandir ke Shoutbox Friend.

Saya perhatikan forumnya, luar biasa ada topic dengan 1340 replies dan 9282 views. Saya mulai salut sama nih portal. Mereka rupanya sudah exist sejak April 2004 dan sekarang sudah menikmati hasilnya berupa basis pengguna yang banyak.
Di bagian tertentu ada google Adwords berarti nih portal sudah menghasilkan duit dari iklan.
Karena itu juga terjawab sudah kenapa portal ini berbahasa inggris karena program AdSense google belum mendukung bahasa Indonesia jadi terpaksa deh pakai bahasa inggris.

Kemudian di bagian Video ada 22 video yang listing yang waktu saya click lumayan lancar, ternyata mereka pakai format yang lagi trend sekarang .flv

Dibagian Music cukup banyak yang listing dan saya coba search Audy dapet satu lagu judulnya Pergi Cinta, saya pikir ini juga agak riskan dituduh melangggar hak cipta, tapi mereka berani memfasilitasi usernya untuk upload musik orang.

Padahal kemarin MySpace sempet mau dituntut sebuah perusahaan rekaman karena memberi fasilitas untuk upload musik, tapi terus MySpace dengan tegas mengumumkan aturan bahwa MySpace melarang usernya upload musik orang lain, jadi harus upload musik karya sendiri.

Dibagian Games saya tidak explore terlalu banyak karena saya tidak suka games, di halaman depan ada box yang menampilkan user dengan Score tertinggi.

Dan walau hanya semalam tapi saya sudah dapet request friend dari 3 orang, waktu di FS ajah gak sebegitu cepatnya ada request, yang ada juga saya yang request ke orang orang. Rupanya mereka melihat saya di box new user. Mungkin karena komunitasnya orang orang kita semua, jadi lebih akrab dan berani gabung. Tapi saya lihat masih banyak juga user yang belum upload fotonya.

Satu satunya kelemahan yang saya rasakan pada saat browsing adalah browser jadi agak lambat bereaksi yang saya duga mungkin karena javascript, waktu saya buka sourcecodenya ada 9 lebih source javascript yang di request, mungkin itu penyebabnya.

Saya jadi benar benar tersangsang untuk segera membuat portal serupa dengan konsep saya sendiri, sebab konsep yang diterapkan di fupei tidak jauh beda dengan FS dan MySpace yang menurut saya belum cocok benar dengan masyarakat web kita.

Nanti akan kita bahas tentang konsep yang tepat untuk pengguna web kita.
Sekarang kalo penasaran dengan fupei.com daftar dan rasakan sendiri, kalo sudah jangan lupa komen disini untuk nulis pengalaman itu.

Selamat mencoba

Cheers

Kategori:Review
  1. 4 Juli 2008 pukul 1:22

    makasih udah ngebahas fupei ^^

  2. 4 Juli 2008 pukul 2:51

    Kenapa Linda harus berterima kasih? fans berat Fupei, atau bekerja untuk Fupei seperti banyak orang itu, atau yang punya Fupei?

  3. Arry
    24 Juli 2008 pukul 15:18

    linda adalah pemilik fupei, bersama dengan sanny.

  4. hari pranata
    27 Februari 2009 pukul 10:32

    saya salut dengan pertemanan model indonesia, malah bisa di ganti dengan boso jowo..dibanding FB ; fupei masih agak lumayan.
    saran saya untuk temen-temen yang gabung agar mengisi identitas dengan benar dan agar dilampirkan juga foto diri yang sesungguhnya sehingga lebih bagus dan akan gampang seandainya kita mencari teman-teman yang sudah lama tidak jumpa.

    salam
    hari pranata

  5. 12 Desember 2009 pukul 3:30

    Kenapa Linda harus berterima kasih?

  6. 30 September 2010 pukul 19:21

    halo saya mau tanya ..
    saya mau register fupei tapi setelah next (fupei id, alamat email saya, dan tanggal lahir kok invalid yah) tolong solusinya,, terimakasih

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

