Arsip

Archive for Februari, 2007

Testimonial vs Comment

Kita tahu kalau FS punya fitur Testimonial yang dulu maksimum karakter yang bisa dimasukkan hingga 2000 karakter (kini dibatasi lagi jadi hanya 1000 karakter). Sedangkan MySpace punya fitur serupa tapi tak sama, yaitu fitur Comment yang maksimum karakternya tak dibatasi.

MySpace lahir belakangan jadi bisa mempelajari bagaimana user memperlakukan fitur Testimonial pada FS. Sejatinya Testimonial adalah untuk memberi komentar yang sifatnya kesaksian (testimonial) tapi kenyataan user mengunakannya lebih dari hanya sekedar testimonial.

Banyak diantara mereka yang menggunakan untuk berkabar-kabari, bahkan hanya untuk ucapan terimakasih dan say hai. MySpace menyadari semua ini dan ketika membangun fiturnya tidak lagi menggunakan istilah testimonial tapi menggunakan istilah Comment yang lebih luas fungsi kegunaannya.

FS pun menyadari kesalahannya dan kemudian menambahkan fitur Comment yang diletakkan tepat dibawah fitur Testimonial, tapi hasilnya tidak sebagus yang diharapkan karena user agak sulit membedakan dan memilih fitur mana yang tepat untuk keperluan mereka.

Ada yang tetap saja menulis comment di Testimonial dan malah pernah saya lihat ada yang menulis testimonial di Comment. Jika dalam satu portal ada dua fitur serupa lantas apa perbedaan antara Testimonial dan Comment. Pada FS bedanya sedikit sekali, hanya pada otomatisasi approval yang pada Testimonial harus di approve terlebih dahulu sedangkan pada Comment bisa langsung tayang tanpa approval.

Pada MySpace juga sebenarnya tidak terlalu efektif membiarkan Comment tanpa Testimonial. MySpace membolehkan comment tak terbatas yang akan membuat tampilan gak karuan yang dalam hal ini sudah menjadi trademark MySpace (layout kacau balau alias tidak rapi). Pembaca profile disuguhkan infomasi yang tidak terklasifikasi dengan jelas, padahal mungkin pembaca hanya ingin baca testimonial dan bukan membaca comment comment gak penting.

Ini lebih kepada kesalahan strategy konsep daripada scripting, yang terbaik menurut saya adalah memiliki kedua duanya dengan pembedaan yang jelas dari sisi fungsi dan fasilitas fitur. Kalau bisa dipermanis dengan tambahan tools untuk reply pada fitur Comment sebab sering saya perhatikan user saling berbalas kabar tapi tidak bisa ditampilkan hasil repliednya.

Cara membedakan supaya jelas mungkin bisa dengan mengatur tata letak, untuk Comment sudah tepat seperti yang sekarang di FS atau MySpace tapi untuk Testimonial mungkin bisa di pindah ke bagian samping seperti layaknya box testimonial pada situs hosting atau public service lain pada umumnya dan cukup kecil saja (mungkin 255 karakter udah cukup toh testi gak usah cerita macem macem) kemudian tidak usah pake HTML karena testimonial tidak harus fancy yang penting isinya.

Kategori:Review

Fitur Baru Friendster

Sore ini saya dikejutkan oleh perubahan pada halaman home FS saya, rupanya FS sudah nambah beberapa feature baru dan juga merubah beberapa layout di halaman home.

Saya jadi agak kagok pertama karena terbiasa melihat box dengan tab tab seperti who viewed me dan most popular, tapi kemudian berhasil melacak kemana tab tab favorit saya itu di pindahkan, rupanya mereka di buatkan menu khusus di top main menu dengan nama Explore
http://www.friendster.com/explore.php

dan juga ada tambahan feature video

tapi rupanya fitur video tersebut hasil kerja sama dengan 6 portal video papan atas diantaranya
YouTube.com
Grouper.com
Sharkle.com
Break.com
VideoDetective.com
dan
SingingFool.com

Jadi bukan video uploadan dari member FS.
Juga da satu feature yang diberi menu khuhs diatas yaitu feature Review.

Saya tidak jelas apa pertimbangan mereka, apakah mereka mau menggalakan penulisan review, saya tidak tahu tapi yang jelas pengguna FS di indonesia jarang ada yang produktif nulis review

penambahan fitur memang selalu memberi warna baru tapi tidak selalu baik kalau tidak hati hati, bagi pengguna yang sudah nyaman dengan layout yang lama pasti akan mengeluh, apalagi kalo ternyata penambahan fitur yang baru tidak diminati oleh pengguna, tambah kesel deh…

Kategori:Review

Fupei.com

Kali ini saya tulis review tentang Fupei.com
Ketika pertama mengunjungi terlihat beberapa box yang berisi Random User, Event, Photo, Music dan Video. Dibagian kanan atas ada box untuk login.

Terlihat layoutnya tertata rapi, designnya bagus dengan dominan warna biru, kecuali untuk flash intro dan ad box.

Sebelum mendaftar saya ingin tahu dulu aspek yang lain tentang fupei.com ini.

Saya coba cari tahu tekno yang dia pake secara sekilas, rupanya fupei telah menggunakan modul rewrite sehingga seluruh linknya ke file dengan ext HTML dan bukan .php, .jsp, .cfm ataupun .asp.

Trus saya ingin tahu siapa pemilik ataupun developernya, di halaman contact saya dapatkan info sbb:

PT. RIS MULIA MEDPRO
Komplek DPR No. 65a Kemanggisan, Jakarta Barat 11480 Indonesia
+62 21 683FUPEI (38734)

Alamat lokal tapi apakah sourcecodenya juga dibuat oleh orang kita atau orang luar yang dibeli oleh PT Ris diatas?
Belakangan saya tahu kalau Fupei terafiliasi dengan masterwebnet.com  sebuah perusahaan hosting yang mengelola master.web.id. Perusahaan ini digawangi oleh sebagian besar lulusan Binus.

Saya tidak sabar untuk segera bergabung, saya masuk halaman registrasi yang ternyata tidak ada satupun kata dalam bhs Indonesia,
semua dlm bahasa inggris yang membuat saya menduga bahwa portal ini dibuat oleh orang luar.

Yang menarik fupei tidak menggunakan email sebagai login tapi harus bikin username sebagai login yang nanti akan di gunakan sebagai ID dan dipasang juga di URL profile masing masing user.

Saya pilih loginname saya wibisastro, jadi URL nya menjadi http://www.fupei.com/profile/wibisastro

Pertama saya pilih wibi tapi rupanya sudah di ambil orang dan saya coba lagi dengan wibisastro baru berhasil, rupanya tidak ada validasi login name sebelum submit, harus submit dulu baru bisa tahu apakah login kita masih tersedia atau sudah diambil orang lain.

Setelah berhasil saya diminta untuk mengisi profile, lalu saya isi seadanya walaupun dibagian bawah ada link untuk skip. Setelah itu saya diminta untuk upload foto dan upload satu foto saya dengan lancar.

Saya jadi lupa, bahwa fupei ternyata tidak minta konfirmasi email, dia cuma kirim notification bahwa ada orang yang ndaftarin pake email saya, ada login name dan passwordnya disitu. Saya pikir agak riskan juga tapi yah kenyataannya mereka berani terapin metode begitu.

Begitu selesai semua, saya lihat tampilan cukup familiar karena mirip FS layoutnya. Berikut feature yang dimiliki Fupei di menu bagian atas:

HOME, Briefcase, Profile, Members, Events, Photo Albums, Musics, Videos, Games, Forum, Chat dan LOGOUT

yup.. betul ada fasilitas chating yang belum ada di FS maupun MySpace, saya coba masuk tapi ternyata ada plugin yang belum saya install jadi belum bisa coba.

Portal ini lumayan serius dia udah punya 30000 lebih user dan yang online pada saat itu ada 70 user lebih, saya baca di forumnya ternyata dulu gak segitu yang online, rata rata cuma sampai 40 user saja tapi semenjak ada fitur baru,user yang online jadi melonjak.

Saya tidak tahu fitur mana yang dibilang fitur baru, apakah chating atau fitur Shoutbox, ditiap user ada fitur Shoutbox yang mirip chating dan memang sering kali disalahgunakan untuk chating oleh para user walapun agak repot mesti bolak balik mondar mandir ke Shoutbox Friend.

Saya perhatikan forumnya, luar biasa ada topic dengan 1340 replies dan 9282 views. Saya mulai salut sama nih portal. Mereka rupanya sudah exist sejak April 2004 dan sekarang sudah menikmati hasilnya berupa basis pengguna yang banyak.
Di bagian tertentu ada google Adwords berarti nih portal sudah menghasilkan duit dari iklan.
Karena itu juga terjawab sudah kenapa portal ini berbahasa inggris karena program AdSense google belum mendukung bahasa Indonesia jadi terpaksa deh pakai bahasa inggris.

Kemudian di bagian Video ada 22 video yang listing yang waktu saya click lumayan lancar, ternyata mereka pakai format yang lagi trend sekarang .flv

Dibagian Music cukup banyak yang listing dan saya coba search Audy dapet satu lagu judulnya Pergi Cinta, saya pikir ini juga agak riskan dituduh melangggar hak cipta, tapi mereka berani memfasilitasi usernya untuk upload musik orang.

Padahal kemarin MySpace sempet mau dituntut sebuah perusahaan rekaman karena memberi fasilitas untuk upload musik, tapi terus MySpace dengan tegas mengumumkan aturan bahwa MySpace melarang usernya upload musik orang lain, jadi harus upload musik karya sendiri.

Dibagian Games saya tidak explore terlalu banyak karena saya tidak suka games, di halaman depan ada box yang menampilkan user dengan Score tertinggi.

Dan walau hanya semalam tapi saya sudah dapet request friend dari 3 orang, waktu di FS ajah gak sebegitu cepatnya ada request, yang ada juga saya yang request ke orang orang. Rupanya mereka melihat saya di box new user. Mungkin karena komunitasnya orang orang kita semua, jadi lebih akrab dan berani gabung. Tapi saya lihat masih banyak juga user yang belum upload fotonya.

Satu satunya kelemahan yang saya rasakan pada saat browsing adalah browser jadi agak lambat bereaksi yang saya duga mungkin karena javascript, waktu saya buka sourcecodenya ada 9 lebih source javascript yang di request, mungkin itu penyebabnya.

Saya jadi benar benar tersangsang untuk segera membuat portal serupa dengan konsep saya sendiri, sebab konsep yang diterapkan di fupei tidak jauh beda dengan FS dan MySpace yang menurut saya belum cocok benar dengan masyarakat web kita.

Nanti akan kita bahas tentang konsep yang tepat untuk pengguna web kita.
Sekarang kalo penasaran dengan fupei.com daftar dan rasakan sendiri, kalo sudah jangan lupa komen disini untuk nulis pengalaman itu.

Selamat mencoba

Cheers

Kategori:Review

Sohib.com

Saya baru aja mendaftar ke Sohib.com yang katanya milik dan buatan anak negeri.

Pertama masuk saya di sambut oleh tampilan bernuansa kuning yang fancy abis, ketahuan deh ini untuk ABG banget, bahasanya pun sudah bahasa indonesia, dihalaman depan saya di cegat oleh login dan password, jadi saya gak bisa masuk lebih dalam kecuali mendaftar sebagai anggota dulu.

Kalau di FS atau MySpace walaupun seseorang belum mendaftar tapi dia masih bisa browsing people dan lihat profile sesorang cuma gak bisa send message dan testimonial.

Akhirnya saya mendaftar dengan memasukan alamat email, kalo gak salah ada tiga tahap registering, mulai dari yang basic sampai dia minta kode aktifasi yang katanya dikirim ke email saya.

Setelah saya tunggu seharian email itu tidak kunjung tiba, akhirnya saya login saja dengan email sebagai loginname dan password yang sudah saya buat sebelumnya.

Ternyata bisa masuk, saya lihat mulai dari greeting sampai ke menu menunya bahasa indonesia semua yang malah bikin saya jadi agak bingung maksudnya apa.

Tata letak menu menunya sama sekali berbeda dengan FS maupun MySpace, jadi masih perlu waktu untuk mencerna maksud dan tujuan tiap box feature yang disediakan.

Nah ketika saya ingin mencoba salah satu feature yang ada kemudian halaman berganti menjadi peringatan bahwa saya belum mengkonfirmasi email, saya disuruh cek email dulu untuk ambil kode aktifasi tapi emailnya saya tunggu tunggu belum muncul juga.

Mungkin sendmailnya lagi down kali yah, jadi gak terkirim deh email ke saya, padahal disitu tercatat sudah terdaftar 31378 user.

Saya jadi gak bisa explore lebih jauh lagi, sayang sekali…
Pantesan ajah member yang online tercatat cuma 1 orang, artinya saya doang dari 13000 user yang terdaftar itu, ini pasti ada kesalahan fatal di manajemen mereka.

Sebab saya bandingkan dengan portal serupa yang juga katanya punya anak negri Fupei.com, user di fupei juga 13000 an yang online ada 70 orang termasuk saya.

Padahal waktu wsaya berita di newsnya sohib.com sudah ada sejak April 2004, pendirinya bernama Arif Hasan M
berikut adalah cuplikan news dari dia.

——————————————
Selamat Datang di SOHIB.COM, situs ini ditujukan bagi para pengguna yang ingin mencari teman dari temannya teman (bingung nggak sih?). Intinya dengan adanya situs ini kami berharap Kamu akan mendapatkan kontak lagi dengan sohibmu yang sudah lama tidak pernah ada hubungan. Situs ini bukan sebagai plagiat dari Friendster, memang kami membuatnya hampir sama dengan situs terkenal tersebut, dengan alasan agar para pengguna friendster yang sudah familiar dengan User Interfacenya akan lebih mudah beradaptasi dengan situs ini.Semoga dengan adanya situs ini, Kamu akan terbantu.

Selamat ber-Sohib-an ria.
——————————————

Disebut sengaja dibuat mirip dengan FS supaya memudahkan tapi kenyataannya jauh beda menurut saya.

News terakhir dari Arif diposting October 19 2004, 06:25:pm

Saya rasa nih portal udah di abandon ama pengurusnya.
Sebab user usernya pun syaa perhatiin lastloginnya tahun rata rata tahun 2005.

OK lah, kalo memang email yang dijanjikan oleh sohib.com gak pernah tiba maka saya kan gak bisa lebih jauh lagi.

Ada yang mau kasih masukan lain tentang sohib.com?
Untuk selanjutnya saya akan bahas fupei.com
Nih portal kayaknya rame and seru

See yaa…

Kategori:Review

Friendster vs MySpace

Kita tahu MySpace dulunya bukanlah market leader dan bukan juga pioner di social networking portal. Adalah Friendster yang menggemparkan dunia IT bahwa portal social networking bisa diminati sebegitu hebatnya. Tapi rupanya FS kurang trengginas dalam memfasilitasi portalnya sehingga banyak keluhan yang terjadi tapi tidak mendapat perhatian yang cukup.

Sampai Tom Anderson dan Christ de Wolf membuat MySpace dengan memperbaiki aspek aspek yang kurang di Friendster, barulah FS sadar akan kekuarangnya dan mulai lagi berbenah luar dalam walaupun sudah agak terlambat.

Salah satu kelemahan mendasar pada FS adalah lambatnya respon server, dan masih banyak lagi kelemahan lain yang cukup menggangu, seperti dibatasinya jumlah Friends hanya sampai 500 orang walaupun belakangan sudah di tingkatkan menjadi 1000 orang, tetap saja kebijakan yang kurang efektif karena MySpace membolehkan Friends unlimited.

Ada yang mau tambahin lagi kekurangan FS yang lain?
nanti kita bahas kelemahan MySpace juga..

OK

Kategori:Review